Minggu, 10 Maret 2019

Cara Mulai Bisnis bagi Pemula


Assalamualaikum . . . 

Welcome back to my Personal Blog House of Izzah Rondiyah. Kali ini izzah akan menulis tentang hal yang berkaitan dengan bisnis, wuih karena lagi buming banget bahas tentang bisnis bagi anak muda. Personally sebagai salah satu orang yang tengah merintis bisnis, I'll said that bisnis jaman sekarang itu gampang banget. Yang berat itu mental pemberaninya, asalkan kalian punya keberanian dan kemauan buat mulai pasti kalian bisa ngelakuinnya.

Hal paling gokil untuk dilakuin ketika mau mulai usaha adalah melakukannya tanpa modal, memang kedengarannya enggak maksud akal tapi nyatanya ini bisa bekerja lho, caranya simple banget cuma sering-sering aja buat upload photo di media sosial yang kalian punya.  Nah lebih jelasnya saya akan ulas caranya :

Salah satu caranya adalah bergabunglah menjadi Dropsiper/Reseller dari salah satu toko onlineshop yang sudah besar atau sudah terkenal, biasanya mereka akan membuka requitment untuk gabung menjadi team marketing toko olshopnya dan setiap satu online shop dengan online shop lainnya memiliki akad yang berbeda. Ada beberapa toko online shop yang bisa saya rekomendasikan seperti Kicik by dwepermata dengan tagline hijab anti tembebnya, emmaqueen Hijab dll.  Onlineshop yang sudah besar biasanya memiliki katalog produk sendiri. Sehingg untuk bergabung menjadi bagain dari merek, tak jarang kalian harus melakukan minimal order atau stock barang. Tapi jangan khawatir karena pembelian minimal order itu sebagai sample atau sebagai pengukur kualitas barang yang akan kalian jual. remember cara paling aman jualan buat pemula adalah jualah barang yang sedang dicari oleh banyak orang. hehe 

Sebenarnya bisnis itu kembali ke personal masing-masing kapan mau mulai, dan bagaimana cara memulainya, hanya saja jika langkah pertama yang akan kalian ambil itu asal-asalan misal jadi dropsiper atau reseller produk yang kalian tidak tahu kualitas barangnya tapi yang penting murah dan asal jual, itu akan membebani kalian dikemudian hari. Jadi sebelum terjun bebas masuk kedunia bisnis langkah baiknya kalian bisa belajar dulu, baca-baca buku tentang bisnis dan kenali barang yang akan kalian jual. Misal mau jual baju berarti kalian harus tahu tentang ukuran-ukuran, warna dan kualiats kain. Jika itu tentang makanan maka pelajari bahan-bahanya, keunggulannya dll.

Jadi bergabung menjadi Dropsiper adalah salah satu langkah mulai bisnis tanpa modal yang besar, selebihnya kalian hanya menjual photo-photo katalog yang ada melalui akun media sosial yang kalian punya, mencatat pesanan, mengirim uang ke toko onlinenya dan barang pesenan akan diurus oleh toko online yang terkait serta dikirim atas nama kalian.  Sangat mudah memang. Untuk itu let’s start it mulai aja dan jangan ditunda-tunda lagi yah hehehe 

Semangat semua . .
Wassalamualaikum

Salam hangat


@izzah_rondiyah

1 komentar:

  1. Berniaga lagi ngehitz banget buat generasi milenial. Banyak anak-anak muda yang udah terjun ke dunia bisnis. Modal utamanya emang niat dan mental yang kuat ya mba. Selain itu berniaga sunah Rasul juga. Hihi. Top.

    BalasHapus