Minggu, 23 September 2018

Generasi Z, Aku Banget !

 

Assalamualaikum wr.wb
Salam untuk kita semua . . . .
Hi Readers . . . !
 
Jumpa lagi sama saya yah izzah di House of Izzah Rondiyah, Izzahrondiyah.blogspot.com. semoga setiap kalian buka blog ini selalu dalam kedaan baik-baik saja yah, dan jika memang sedang tidak baik pun boleh kok tetap membaca apa-apa yang saya tulis disini dan saya akan bahagia berada disaat kalian tidak baik-baik saja. Tapi doa saya semoga kalian semua selalu bahagia.

Tema tulisan kali ini tentang Gen Z, wuih saat saya mencoba mencari apa itu Gen Z rasanya  ya seperti mencari tahu tentang diri saya sendiri, buat kalian yang seumuran sama saya nih pasti nggeh juga. Well sebenarnya saya juga bukan orang yang membaca semua literasi tentang Gen Z. Untuk itu saya membuat ini berdasarkan pendapat saya sendiri tetang Gen Z atau Generasi Z ini. 
 


Generasi menerut KBBI  adalah Sekalian orang yang kira-kira sama waktu hidupnya, angkatan, turunan. Atau sama orang-orang satu angkatan hidup. Yang berarti orang-orang yang hidup pada masa waktu yang sama. Jadi disini siapa yang lahir tahun 1996 kalian miliki masa hidup yang sama dengan saya hehe dan seterusnya.  Dan setiap masa itu pasti berbeda beda dong, Yakin? Iya pasti kalian coba bisa bayangin. Kehidupan saat masa peperangan sama sekarang kira-kira beda tidak ? pastinya berbeda serta perbedaan secara sosial, ekonomi atau teknologi menjadi faktor yang mempengaruhi karakter orang-orang yang hidup dimasanya. Sehingga karakter orang itu secara global bisa dilihat dari masa tahun mereka hidup. 

Akhir-akhir ini juga kalian pasti sering dengar tentang generasi Millennials, era millennial. Dan setelah jauh saya menjelajah dunia internet dan beberapa review buku terutama buku dari Yoris Sebastian dengan Judul Generasi Langgas: Millennials indonesia dan review buku Generasi Phi π yang ditulis oleh Dr. Muhammad Faisal ( kayaknya saya harus punya deh ) hehe dari 2 review buku itu menjelaskan semua tentang Generasi Millennial atau Gen Y, Generasi millennial adalah generasi atau orang-orang yang lahir pada tahun 1980-2000 berdasarkan media Amerika Time Magazin. Dan Generasi Z adalah generasi yang lahir dari tahun 1995-2010. Jadi 2 generasi saling berkaitan bukan. Meski generasi Millennial ini lebih dulu sehingga lebih dikenal sebagai generasi pembentuk atau perintis sedangkan generasi z adalah generasi yang dibentuk oleh keadaan sekarang namun dua generasi sama-sama melewati seuatu masa yaitu masa perkembangan teknologi yang sangat pesat. 

Tumbuh di dunia era perkembangan teknologi yang pesat serta tingkat heterogenitas yang tinggi membuat dua generasi ini menjadi generasi yang cukup flexsibel dalam menanggapi perbedaan. Tapi guys sebenarnya agak berat mengulas Gen Z ini why ? karena kebanyakan Gen Z saat ini masih pada masa awal kedewasaan atau berada pada masa transisi antara remaja dan dewasa. Hehe jadi cukup berat mengulas karakter dari Gen Z. Cuma saat kita mengambil nilai bahwa Gen Z dan Millennials ini agak sama namun kali  ini beberapa hal mengenai Gen Z : 

1.       Terbiasa menggunakan Teknologi.
Ini fakta atau asumsi si ? haha pastinya fakta kan ? mari hitung berapa alat teknologi yang kita punya ? handphone, Pc, Camera, Motor, Setrika , Rice Cooker ( bagi anak kosan hehehe ) bercanda yah. Maksudnya dengan terbiasa dengan menggunakan teknologi ini adalah kita menghabiskan waktu lebih banyak bersama alat teknologi jadi sangat jarang ditemukan Gen Z atau Millennials ini yang gaptek. Setidaknya pasti bisa menggunakan handphone (gawai).

2.       Lebih suka Hal Instant
Mie Instan enak enggak ? ah itu makanan penyelamat akhir bulan wkwkwkw yah begitulah kira-kira, eitss sorry just kidding. Sebagai generasi yang hidup di masa perkembangan Teknologi yang katanya dimasa-masa puncak ini, membuat 2 generasi ini di manjakan oleh Teknologi. Sehingga semua suka serba instant.

Pak dosen: “ Jaman saya dulu buat paper itu harus bolak balik ke perpus referensi minimal 10, sekarang kalian tinggal depan PC jiplak sana sini “
Mahasiswa: “ ya kali pak kenapa ke perpus orang semua sudah ada di Hp” ( dalam hati)

Hayoo siapa yang sering gini? Saya wkwkwk yes bener banget. Selain Generasi ini suka Hal Instant mereka lebih suka hal yang efektive dan efesien. Namun dari karakter yang suka dengan hal instant juga generasi ini merupakan generasi yang kurang tahan banting. Berbeda dengan generasi sebelumnya.  Kenapa karena saat mengalami hal yang berat atau yang memerlukan waktu  lama atau process mereka sering menyerah dan mencoba hal baru lagi. Secanggih apapun kehidupan ini namun proses tidak bisa dilupakan semua harus menyadari bahwa hidup adalah sebuah proses belajar. Bagi sebagian orang mungkin kegagalan, penderitaan, kesedihan serta rasa sakit itu adalah hal-hal yang memuakkan sehingga mereka lebih memilih menghindari hal tersebut terutama Gen Z, namun don’t you know bahwa kita memerlukan itu semua agar kita bisa tumbuh dan berkembang. Jadi guys meski kita ini suka dengan hal instant namun tetaplah menghargai sebuah proses karena proses itulah yang akan mengajarkan kita untuk bisa menjadi generasi indonesia yang tangguh.

3.       Berambisi Besar untuk Sukses
Berkaca dari diri saya sendiri, well  it’s true si, bener si wkwkw tapi aku rasa setiap orang memiliki keinginan untuk sukses, dan mengenai hal ini saya harap teman-teman semua miliki nilai sendiri dalam mendeskripsikan Sukses itu sendiri. Dan tentunya setiap nilai satu orang dengan orang lain akan berbeda. Bagi sahabat saya  sukses itu ketika sudah dalam gaji 10juta perminggu, atau bagi orang lain sukses itu adalah saat bisa membuat orang tua bangga dengan dirinya dll.

Namun agak berbeda dengan generasi Millennial dan sebelumnya Gen Z ini lebih kepada bidang Enterprenuerial ( bisnis atau wirausaha) Gen Z yang berapi-api akan jauh lebih sulit bekerja dibawah control orang lain sehingga menjadi bos dibidang dan dunianya sendiri sangat cocok bagi mereka. Serta dengan kemajuan teknologi mereka bisa menjadikan hobi sebagai salah satu profesi bagi mereka, seperti menjadi Vlogger, Blogger, Penyanyi, Penulis. Dimana pada generasi sebelum mereka menganggap hal-hal tersebut sebagai ajang maen-maen dan tidak pasti. Namun sekarang menjadi salah satu dari 4 bidang tersebut juga bukan pilihan yang buruk juga kan?

Bagi Gen Z ini, Dia memiliki Ambisi yang membara berapi-api untuk itu mereka perlu mentor agar ambisi ini bisa diarahkan pada hal yang tepat karena banyak juga dari kalangan Gen Z ini yang masih di masa transisi remaja menuju awal dewasa masih banyak bingung tentang diri mereka sendiri. Banyak yang masih pada masa menjadi siapa aku dan sebenarnya bagaimana aku. Ditambah lagi gen Z ini adalah gen yang Multi Taster.

4.       Multi Tasker
Well, disini hanya saya saja atau kalian juga melakukan misal lagi makan sambil nonton tv, ngerjakan paper di pc tapi searching file pendukung di Handphone,  atau belajar sambil dengerin musik, well kalau kalian bisa kayak gitu welcome to gen Z. Ya Gen Z sangat Multi tasker semua dilakukan, semua dijalani dan pada akhirnya tidak jarang berujung pada kebingungan. Hehehe ( tentang kebingungan nanti aku akan upload review buku yang akan membantu kita bisa Focus yah ) insyaAllah.

Baik enggak si multi tasker itu ? well sebenarnya sah-sah saja Cuma akhirnya Gen Z menjadi Gen yang memiliki daya kurang dalam focus saat focus kita terbelah maka kebingungan bisa aja menghampiri ditambah lagi dengan banyaknya informasi yang datang di era ini membuat Gen Z ini menjadi kesatuan kebingungan. Dimasa-masa transisi menuju dewasa dan kekurangan skill focus jadi pas kan ? hehe namun jangan risau bagi kalian yang sudah menemukan passion kalian, kalian selamat melewati masa kebingungan tersebut hehehe




5.       Ingin Diakui
Mereka yang memiliki semangat yang berapi-api dan rasa tidak cepat puas menginginkan hal yang disebut pengakuan. Mereka tau Gen Z ini ingin dirinya diakui, entah secara verbal maupun non verbal. Jika generasi sebelumnya Gen Y adalah generasi yang mudah menerima namun Gen Z ini lebih suka hal-hal yang baru. Makanya mereka juga diharapkan mampu berinovasi dan berkonstribusi untuk orang lain.

Guys sebenarnya antara Millennial dan Gen Z pasti berbeda Gen Millennials saat ini sudah berada pada masa dewasa sedangkan Gen Z masih masa transisi. Dari 5 hal yang sudah aku tulis diatas ada yang merupakan karakter Gen Z dan juga ada yang Millennial untuk mengamati sendiri coba amati perbedaan antara kalian dan kakak kalian hehe pasti nanti ketemu.

Sebagai nenutup saya juga Gen Z, Generasi Z yang masih berada di masa-masa Transisi, untuk saat ini saya sudah mencoba Fokus pada bidang yang saya tekuni, dan saya harap kalian juga begitu. Menjadi terombang ambing itu tidak nyaman. Setiap orang pasti memiliki talenta yang berbeda-beda Cuma semakin lama kalian bingung semakin dekat juga kita semua pada kematian yang tiada berarti. Mulai Sekarang ! Mulai dari apa yang kamu miliki ! mulai dari hal yang terkecil ! agar keberadaan kita bermanfaat baik untuk diri kita sendiri, orang tua, desa dan negara ini.



Salam hangat dari saya
 











@izzah_rondiyah
YoungPrenuer &
Content Creator from House of izzah rondiyah.


5 komentar:

  1. Gen Z
    Gen unyu2

    Apalah saya yg sudah tuwa ini yaaa....
    Haks haks haks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang unyu2 Ada karena mb hehe . Tetap semangat

      Hapus
  2. Sukses dengan passionnya ya Izzah ...

    BalasHapus
  3. Mnrtku agak ada kemiripan antara gen milenial dan gen Z

    BalasHapus