Rabu, 16 Mei 2018

Membangun Personal Branding di Era Digital


Hi. . .
Salam hangat untuk teman-teman Millineal Now 



         Era Digital di Zaman tanpa batas, Dunia tanpa Jarak dimana saat ini semua telah terhubung satu dengan yang lain tanpa ada jarak yang sangat berarti, mungkin dulu untuk dapat melihat orang dinegara lain sangatlah sulit namun sekarang, cukup dengan bermodalkan SmartPhone serta Kouta kita dengan mudah mengikuti kabar berita dari seluruh belahan dunia tanpa batas waktu, kecuali jika paketan habis nah enggak bisa lagi tuh maen Instagram, Fb dan Saudara-saudaranya. Kebanyaan sekarang banyak orang yang menghabiskan waktunya besama benda pipih nan canggih duh pokoknya enggak bisa pisah aja sama itu si handphone. Coba kalau suruh milih, mending milih ketinggalan hp atau dompet hayooo lhoh 😅 . . . . .

sumber foto: google 

        Eitsss kenapa jadi bahas handphone si, padahal judulnya tentang Personal Branding. Jujur ini izzah baru denger-denger tentang personal Branding dan Beruntungnya kemaren ikut mini talkshow tentang Personal Branding, jadi kesempatan ini izzah sharing tentang Personal Branding dari narasumber kak Amidha Founder dari Chat_ter_Box ( instangram @amidha_iolanthe).  Tapi yang akan izzah paparkan ini murni hasil dari daya serap izzah kalau lebih ahli bisa langsung follow akunnya kak amida ya hehehe.

           Lalu Apa sih personal Branding itu? Pertama kali dalam benak izzah adalah personal artinya ya kita, manusianya subjectnya terus Branding itu kayak Pelabelan, jadi ya kalau menurut izah Personal Branding adalah Lebel Diri kita. Nah lebel yang kayak gimana nah itu yang lebih dalem lagi dibahas tentang Personal Branding. Apa lagi di Era Digital ini. Pernah dengar tentang cara lamar kerja zaman sekarang belum ? yang kebanyakan perusahaan itu melihat dari media sosial kita. Itu juga ngasih pengaruh gimana cara orang memandang kita, dari sini bisa di kasih inti bahwa personal Branding itu ya gimana kita mau  dikenal sama orang lain. Akhirnya Personal Branding ini penting di era Digital, karena dengan membuat personal Branding yang baik akan menghasilkan hal-hal yang baik, Coba banyakin nih temen temen upload photo captionya ngeluh terus, atau captionya galau terus ? menurut temen-temen gimana anggapan orang terhadap temen-temen ? bisa disimpulin sendiri kan ya ? hehehe , tapi ini kembali ke orangnya si kalau memang suka sama karakter yang ngeluh mulu ya sering aja upload foto dan status yang ngeluh-ngeluh dengan lambat laun yah orang bakal lebelin bahwa orang yang punya akun ini suka mengeluh, nah terus kalau udah gitu susah deh dapat job dan kadang gedeg juga kan kalau hidup kita aja udah full sama masalah lah ini status yang lewat di timeline atau branda kita malah keluhan-keluhan jadi gimana gitu kan ya hehehe

Change Now ! Berubah sekarang yuk, asyikk nanti izzah bagi remot-remot buat berubah jadi Power Rangers dah wkwkwkw ( astagfirullah) 😅lanjut lagi yah.

Ketika kita udah tau tentang personal branding dan efeknya buat kita, untuk itu mensortir postingan kita, mikir dalem-dalem tentang apa yang bakal kita upload itu perlu juga. Kalau bahasa kerennya ya kita nyiptain Konten atau  Sesuatu yang bikin oang suka atau bahkan interest sama postingan kita, jadi ya kalau orang lain lihat dan baca itu ada faedahnya lah kan siapa tau jadi ladang berbagi buat kita. Terus bisa nyiptain hal yang positif juga terus terkoneksi sama orang-orang yang positif. Jadi kita perlu mensortir mana yang perlu kita upload mana yang enggak , mana yang berfaidah buat orang lain mana yang enggak. Hehe dan ini bukan tentang kayak sok-sokan agar dianggap baik sama orang lain, tapi ini tentang pilihan kita emang pengen dikenal gimana sama orang lain.


Tentang Membangun Personal Branding this some tips and trik
-        1.   Analisa SWOT diri kita, SWOT ( Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) jadi kita harus tahu nih keunggulan kita apa? Kekurangan kita apa? Kesempatan buat ngembangin diri di hal apa? Terus ancaman apa aja yang bisa bikin kita gagal.

-         2.  Mulai mengubah profil akun media sosial. Setiap orang yang berkunjung di akun kita pasti nanti bakal lihat profile diri kita nah mulai dari sana coba edit yang baik-baik yah, atau yang masih hanya student in U.....coba ganti dengan Harapan, cita-cita gitu jadi itu bakal ngaruh sama apa-apa yang akan di post.  Namanya juga bangun lebel kita masak mau yang aneh-aneh atau biasa-biasa aja. Coba tulis tentang kesukaan temen-temen, terus Keahlian temen-temen juga boleh dan nanti ini berlanjut dengan. . . .                                            
  sumber : e.g Instagram at @sitirondiyah

-         3.  Mensortir postingan yang akan di kita upload, kalau mau jadi selegram ya pasti harus posting photo yang cakep, pose yang oke gitu caption sih bebas tapi lebih baik ya da faedahnya lah atau kalau mau jadi knowledgeprenuer biasanya fotonya enggak yang pose-pose cantik ya biasanya candid lebih cocok yang diutamakan di captionnya gitu hehehe . izah jujur tipe yang suka crita aja apa yang izzah alami gitu. Hehe

         Nah jadi yah sebenarnya Membangun Personal Branding itu kayak kita lagi bangun Perusahaan di diri kita sendiri, ngebangun citra diri. Jadi saat citra diri baik kita udah kecipta pasti akan ada manfaatnya buat kita. Serta bukan hanya berorientasi pada nambah followers aja tapi pada kebaikan apa yang bisa kita kasih ke orang lain lewat akun media sosial kita. Temen-temen yang tahu sendiri nilai, Misi dari akun sosial temen-temen sendiri. Apa lagi yang seumuran kayak izzah 22tahun ini waktu yang pas banget buat mulai membuat citra diri, kamu bakal kebantu banget lebih tau mana yang penting buat kamu mana yang enggak . . 





Akhir kata
-selamat mencoba membangun Brand temen-temen sendiri.

"Mulailah dari Diri sendiri, Dari Hal yang Terkecil, Mulai Sekarang” – Pak Zamzani.

Thank you . . .
Getting Closer with me With Email : sitirondiyah26.sr@gmail.com
Instagram : at @izzah_rondiyah  #izahjourney

SharingisCaring jadi boleh banget sharing pengalaman temen-temen yah . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar